Skip to main content
PHP Indonesia
Indonesia - Company Insider

Kalibrr x PHP Indonesia : Memperkaya Ilmu, Memperbesar Peluang Karir

By Diah Wahyu Asih on January 4, 2019

Jakarta, Indonesia – Kebutuhan akan kandidat kerja yang mumpuni semakin meningkat, begitu juga kompetisi pada pasar tenaga kerja yang tiap tahunnya juga menunjukan suasana kompetitif. Setiap kandidat berusaha untuk menambah kemampuan serta jam terbang sehingga menjadi daya tarik yang besar untuk perusahaan. Salah satunya adalah melalui komunitas yang mampu mendukung setiap individu untuk mengasah skill mereka. Kali ini Kalibrr berhasil menggandeng salah satu komunitas teknologi informasi (IT) terbesar dan teraktif di Indonesia, PHP Indonesia. Komunitas IT ini terdiri dari mereka yang gemar menggunakan bahasa pemrograman berbasis PHP (Hypertext Preprocessor). Komunitas yang berdiri tahun 2014 ini telah memiliki lebih dari 150.000 anggota dan aktif berdiskusi secara online maupun offline.

Pada Sabtu, 22 Desember 2018, Kalibrr dan komunitas ini bekerja sama untuk mengadakan seminar mengenai bahasa pemograman PHP. Acara ini terselenggara sebagai bentuk dukungan dari Kalibrr dalam men-support ekosistem digital yang semakin dibutuhkan saat ini. Diselenggarakan di WeWork Menara Astra, acara yang diselenggarakan pertama kali oleh Kalibrr bersama komunitas IT ini mendapatkan antusias yang sangat positif dari peserta maupun dari pihak komunitas PHP.

Bagus banget ini Kalibrr udah ngadain acara atau memberikan kontribusi kepada komunitas, jadi komunitas ini bisa dididik untuk lebih maju. Yang lebih penting dalam komunitas itu adalah memiliki rasa persaudaraan antar sesama orang-orang komunitas yang bisa saling mendukung orang-orang PHP sendiri. Kehadiran company-company seperti Kalibrr ini yang membuat teknologi di Indonesia bisa semakin maju dan makin berkembang.” ujar Ivan Kristianto selaku pihak PHP Indonesia saat ditemui usai acara.

Pembicara pertama, Ivan Kristanto saat memberikan penjelasan tentang Clean Code
Pembicara pertama, Ivan Kristanto saat memberikan penjelasan tentang Clean Code

Acara ini diawali dengan sambutan dari pihak Kalibrr yang menginformasikan mengenai kesempatan karir bagi talenta IT dewasa ini. Dalam era dimana talenta IT semakin dibutuhkan, hal ini tentu menjadi kesempatan yang bagus pagi para praktisi IT. Akan tetapi fakta menunjukkan bahwa talenta IT yang tepat masih sulit untuk didapatkan oleh beberapa perusahaan, baik perusahaan yang bergerak di bidang teknologi maupun di luar bidang IT.

Sulitnya mencocokan kandidat dengan lowongan pekerjaan adalah salah satu hal yang ingin Kalibrr selesaikan. Selain mengandalkan Artificial Intellegence, Kalibrr Indonesia berupaya mendukung kandidat untuk dapat meningkatkan perkembangan diri dan skill agar semakin dilirik oleh para rekruter dan memperoleh kesempatan karir yang lebih baik.

Dari kiri ke kanan: Ivan Kristianto, Peter Jack Kambey, Agung Andhika, Muhammad Azamuddin
Dari kiri ke kanan: Ivan Kristianto, Peter Jack Kambey, Agung Andhika, Muhammad Azamuddin

Tiga pembicara yang mumpuni di kalangan pegiat PHP pun turut berpartisipasi untuk membagikan pengalaman dan insight baru seputaran dunia IT Indonesia. Dimulai dengan Ivan Kristianto, seorang Senior Web Engineer di 10Up dan Google Developer Expert, yang membahas tentang bagaimana membuat coding turunan yang berkelanjutan dengan clean code. Sesi kedua diisi oleh Muhammad Azamudin, seorang penulis buku berjudul Be Fullstack Developer – Laravel & Vuejs. Beliau menjelaskan tentang sebuah container platform yang bernama DockerPlatform ini diklaim mampu mempermudah pemrograman PHP karena fleksibilitasnya. Sesi terakhir diisi oleh Agung Andhika, Software Engineer di Jakarta Propertindo yang berbicara mengenai YII 3.0. Dari pemaparannya dapat diketahui bahwa ada banyak sekali perbedaan YII 3.0 dengan versi lamanya yaitu YII 2.0.

Keseriusan peserta saat sesi ketiga
Keseriusan peserta saat sesi 3

Acara ini terbilang sukses dilihat dari respon balik para peserta maupun respon dari pembicara. Fachruzi Rahma dan selaku ketua pelaksana kegiatan ini sangat bersyukur dengan terselenggaranya seminar seperti ini, “anggota komunitas tidak cuma diberikan pengetahuan tetapi sekarang memiliki kesempatan untuk karir yang lebih baik.” ujar Rahmaddan.

Selain dari pihak panitia, peserta juga merasa senang karena telah difasilitasi tempat untuk membangun network dan bebas berdiskusi dengan pembicara. “Sangat oke, materinya menarik. Kalo dari saya ini patut dilanjutkan lagi untuk bulan berikutnya, materi berikutnya. Menurut saya bagus loh. Justru event-event kayak gini ini jarang.” ungkap Raphael, salah satu peserta yang hadir mengikuti seminar.

Rencananya, acara seperti ini akan terus dilakukan secara berkala. Hal ini sebagai wujud nyata bukti Kalibrr untuk terus menciptakan kesempatan untuk kandidat dengan kualitas terbaik mendapatkan pekerjaan dengan mudah.