Skip to main content
tips promosi jabatan
Career Advice

Mempromosikan Diri Dalam Karir? Enggak Harus Lebay dan Menonjol, Kok!

By Dimas Setyawan on February 1, 2019

Yang namanya berkarir, memang sudah sewajarnya ada perkembangan. Apalagi jika kamu sudah bertahun-tahun bekerja di bidang yang sama. Tentu saja pengalaman yang kamu miliki sudah semakin jauh berkembang. Seiring berkembangnya pengalaman, tentu saja porsi jabatan atau jenjang karir juga sepantasnya ikut naik juga. Pasti kamu juga sudah familiar dengan promosi jabatan ini, kan?


Hal ini yang kemudian bikin kita ketemu dengan yang namanya persaingan. Kamu yang setidaknya udah berkarir sekitar 1-2 tahun, pasti ngerti banget nih akan hal ini. Malah, enggak jarang juga kamu bertemu dengan teman-teman yang saling sikut dan berlomba untuk jadi menonjol supaya dilihat sama atasan. Ujung-ujungnya jadi politik kantor juga! Ih, enggak banget deh yang begitu.

Baca Juga: Hai Lulusan Baru, Kerja di Luar Jurusan Itu Enggak Dosa, Kok!

Ah, terus, bagaimana dong supaya kita tetap bisa mempromosikan diri supaya dapat promosi jabatan, tanpa harus berusaha keras agar terlihat menonjol? Bisa, kok! Cek aja nih beberapa tips berikut ini.

1.    Jangan Banyak Ngomong, Kerja Aja Deh!
Pernah enggak sih, kamu lagi main game di telepon genggam, terus dapat iklan yang sama terus? Atau, saat kamu mendengar hal yang sama dari sales kartu kredit, dan kamu di telpon terus sepanjang hari? Pasti kesal, kan?

Tips Promosi Jabatan

Nah, begitu pula dengan temanmu. Kalau kamu cerita terus tentang keunggulan dan prestasi kamu di masa lalu, mereka juga pasti akan bosan. Mendingan sih kamu focus untuk bekerja lebih baik aja deh buat masa depan.

2.    Apresiasi Teman Sekelilingmu, dan Juga Atasanmu!
Saat di sekolah, kita pasti pernah mendengar, kan, kalau kita itu adalah makhluk social. Artinya, kita akan membutuhkan orang lain dan tidak hanya soal diri kita saja. Maka dari itu, membaur dengan teman sekelilingmu akan sangat berguna untuk promosi jabatan kamu. 

Tips Promosi Jabatan

Enggak percaya? Coba aja deh. Alih-alih daripada kamu fokus untuk “menjual” dirimu, coba kamu apresiasi saja teman sekelilingmu, atas kerja sama yang mereka lakukan bersama kamu. Jangan lupa juga untuk apresiasi dan menghargai setiap waktu dan kesempatan yang dia berikan untukmu. Eits, tapi ini bukan menjilat yah! Maksudnya adalah, jika kamu ingin dihormati dan dihargai, mulailah dengan menghargai usaha orang lain dulu.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit
 
3.    Buktikan dengan Data, Bukan Hanya Bicara
Hal ini jadi sebuah hal yang penting nih. Jika kita ingin bekerja dengan posisi yang lebih baik, apalagi dengan jabatan yang lebih tinggi, kita juga harus membuktikan dengan bukti pekerjaan yang nyata.

Salah satunya ya dengan menunjukkan data yang kita miliki. Jika kamu selalu membicarakan soal kesuksesan yang kamu raih, tanpa menunjukkan data, ya sama aja! Ada baiknya kamu sambil menunjukkan data dan fakta juga, biar kamu semakin dipercaya sama rekan-rekan setim kamu, dan juga atasanmu.

4.    Pembawaan yang Percaya Diri
Terkadang, jika kita ingin merasakan promosi jabatan, jalannya hanya simpel aja kok; bicara yang lugas. Iya, terkadang, pembawaan kamu saat berbicara itu, menentukan juga sejauh mana kamu potensial. 

Tips Promosi Jabatan

Bukan berarti kamu sok jago yah, tapi usahakan pembawaan kamu penuh percaya diri dan meyakinkan. Jangan lupa senyum biar aura positif kamu semakin keluar. Dengan pembawaan yang pasti dan lugas, serta percaya diri, kamu akan semakin dipercaya sama orang lain. Dan yang penting, orang jadi lebih terbuka untuk tahu semua kemampuanmu.

5.    Hargai Dirimu Sendiri Dulu
Hal ini juga menjadi hal penting yang seringkali dilupakan sama banyak orang. Kita seringkali ingin dihargai oleh orang lain, tapi lupa untuk menghargai diri sendiri. 

Padahal, saat kita menghargai diri kita sendiri, kita tentu akan membuat diri kita terlihat lebih positif. Dan jika diri kita terlihat positif, tentu saja orang akan ikut aura positif kamu. Terus apa yang akan terjadi selanjutnya? Kamu sudah bisa menebaknya sendiri deh.

Itu tadi beberapa tips karir, khususnya untuk kamu yang ingin mempromosikan diri kamu untuk posisi yang lebih baik, tanpa harus berusaha keras membuat diri kamu menonjol.