Skip to main content
tips membuat CV
Career Advice

Foto Profil di CV, Bagusnya Kayak Gimana Sih?

By Rahma Yulita Sari on January 14, 2020

Ketika hendak memasukkan lamaran pekerjaan, satu hal yang penting untuk dilakukan adalah menyiapkan Curriculum Vitae atau yang sering kita sebut dengan CV. Tips membuat CV seakan sudah menjadi hal wajib yang perlu dibaca para fresh graduate yang hendak melamar pekerjaan ataupun kegiatan internship. Dengan menyerahkan CV yang baik dan menarik, kesempatan untuk bisa lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya seperti proses interview, akan lebih besar.

Namun dalam prakteknya, ternyata masih banyak orang yang masih belum paham banget bagaimana membuat CV yang baik, apalagi untuk bagian foto. Terkadang, nggak jarang ditemukan kandidat yang memasang foto selfie yang membuat CV-nya terlihat kurang profesional. Memang benar kalau foto untuk CV nggak perlu terlalu formal dengan latar belakang plain berwarna merah, putih, ataupun biru. Tetapi ada etikanya juga, lho!

Jadi, gimana sih baiknya foto profil di CV? Yuk, kita simak tipsnya berikut ini!

Jangan gara-gara mau terlihat estetik, tapi foto di CV kamu malah nggak kelihatan mukanya sama sekali, atau blur karena foto diambil terlalu jauh. Zaman sekarang memang pemilihan foto CV nggak perlu yang terlalu formal, tetapi perlu diingat kalau CV juga perlu memperlihatkan muka kamu, karena itulah yang mau rekruter lihat. Jadi, pastikan minimal 75% muka kamu terlihat jelas, ya!

2. Tampak depan, bukan tampak samping

Selain terlihat jelas, usahakan juga foto CV kamu supaya menghadap ke depan, bukan ke samping. Ingat kalau kamu ingin melamar pekerjaan, jadi jangan sampai foto CV kamu terlihat seperti foto yang biasa digunakan di akun media sosial kamu alias foto ala-ala yang muka kamu pun jadi nggak bener-bener keliatan.

3. Bukan profil aplikasi jodoh, jadi fotonya natural aja, nggak usah diedit-edit

Masih ada sebagian orang yang nggak pede sama dirinya sendiri dan memutuskan buat mengedit fotonya sampai terlihat memuaskan buat dia. Eh, tapi tunggu dulu, kembali lagi kamu harus tahu foto yang kamu edit ini konteksnya untuk apa. Kalau untuk foto CV, sih, sebenarnya nggak perlu diedit berlebihan karena kamu disini untuk mencari pekerjaan, bukan jodoh!

tips membuat CV

 

4. Pakai baju yang sopan, minimal berkerah lah

Banyak yang masih suka bingung harus mengenakan baju yang kayak gimana buat foto CV. Sebenarnya, nggak apa-apa kalau kamu mau pakai baju yang sedikit lebih santai, asal gunakan baju yang sopan dan minimal ada kerahnya. Jangan sampai kamu malah mengenakan baju kaos yang bagian lehernya terlalu rendah dan semacamnya. Ingat, foto kamu bakal jadi hal pertama yang dilihat oleh rekruter, loh.

5. Fotonya sendirian aja jangan rame-rame, emang photobox?!

Ini juga penting nih. CV itu sifatnya personal, otomatis kamu harus memasang foto kamu sendiri dengan sejelas-jelasnya. Jangan sampai kamu malah memasang foto rame-rame sama teman-teman kamu loh, ya! Ingat bahwa rekruter itu nggak kenal sama kamu, jadi bagaimana dia bisa tahu kamu yang mana kalau foto yang kamu pasang banyak orangnya? Kamu harus pede dengan diri kamu sendiri dan yakin bahwa kamu bisa menarik mata rekruter dengan tampilan CV kamu!

6. Background foto usahakan sepolos mungkin!

Yang terakhir adalah, background foto! Usahakan background foto kamu sepolos mungkin. Sebenarnya, di zaman sekarang foto CV sudah banyak banget variasinya. Tapi, tetap harus dipikirkan background seperti apa yang cocok untuk dijadikan foto CV dan jangan asal foto di sembarang tempat. Hindari tempat-tempat yang terlalu ramai dan banyak orang.

 

 

tips membuat cv

Itulah tadi beberapa tips membuat CV yang baik, khususnya soal menentukan foto yang tepat untuk CV. Yang paling penting lagi, ingat buat nggak memasang foto yang berlebihan di CV kamu dan tetap tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang smart dan humble. Dengan begitu, rekruter akan tertarik untuk scanning profil kamu lebih jauh.