Skip to main content
ditanya kelemahan saat interview kerja
Career Advice

Ditanya Sama Calon Rekruter Soal Kelemahan Kamu Saat Wawancara, Harus Jawab Bagaimana, yah?

By Dimas Setyawan on February 29, 2020

Proses wawancara kerja nggak bisa dipungkiri masih menjadi hal yang krusial saat mencari kerja. Dalam proses ini, seperti yang kita ketahui, adalah sebuah proses bagi calon rekruter untuk  mengenal kita lebih dekat, mulai dari soal karakter hingga kecakapan kita saat bekerja. Dan bicara soal wawancara kerja, biasanya ada satu pertanyaan yang cukup menjebak, yaitu pertanyaan tentang kelemahan yang kamu miliki.

Setiap orang pasti kelemahan yang nggak bisa dihindari. Bahkan seorang superhero pun terkadang memiliki kelemahan. Dalam dunia kerja, memiliki kelemahan itu adalah sebuah hal yang alamiah, namun juga bisa menjadi peluang besar untuk ditolak. Lalu, bagaimana yah cara menjawabnya? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu bertemu dengan pertanyaan ini saat interview.

Baca Juga: Dapat dua panggilan kerja sekaligus, harus bagaimana, yah?

1. Jadikan ini sebagai kelebihan
Sekilas memang hal ini terlihat cukup membingungkan dan sedikit sombong. Namun, hal ini memang menjadi trik yang cukup ampuh jika kamu menghadapi pertanyaan seperti ini saat wawancara kerja. 

Memiliki kelemahan bukan berarti harus terlihat lemah, justru kamu harus terlihat mampu mengatasi kelemahan tersebut. Salah satu contoh yang bisa kamu coba adalah dengan mencari kelemahan yang bisa diolah menjadi hal positif, seperti kerja lupa waktu, ambisius, dan risih dengan hal yang melenceng sekecil apapun.

2. Jangan curhat soal pribadi
Kita tahu kok, kalau semua orang pasti punya masalah masing-masing. Tenang saja, kita juga sadar kok kalau hidup itu nggak semulus yang kita kira, pasti ada saja aral melintang yang akan kita hadapi.

ditanya kelemahan saat interview

Tapi, perlu kamu ingat juga kalau ini bukan sesi konsultasi psikologi yang bisa kamu pakai untuk curhat. Jadi, jangan sampai momen untuk menunjukkan kelemahan kamu justru kamu pakai untuk curhat colongan tentang masalah pribadi kamu. Selain bikin calon rekruter bete, ini juga bisa menunjukkan bahwa kamu lemah dan nggak bisa berjuang untuk kondisi kamu saat ini.

3. Jawablah dengan optimis
Sejak lama rasa optimis dianggap sebagai sebuah hal yang mampu meningkatkan energi positif di sekeliling kita. Maka dari itu, rasa optimis selalu dicari oleh banyak lingkungan kerja. Terbukti dari tingginya orang-orang mencari kutipan motivasi.

Hal ini juga bisa kamu tunjukkan saat kamu sedang menjalani proses wawancara kerja. Saat kamu menyebutkan kelemahan, jawablah dengan rasa penuh optimis dan penuh percaya diri, sambil kamu menyertakan tekad kamu untuk memperbaiki setiap kelemahan yang kamu miliki.  


4. Tunjukkan semangat, dan integritas
Rasa semangat sudah sejak lama dianggap sebagai pemberi energi positif yang optimal. Maka dari itu, hampir setiap orang senang banget kalau bertemu orang lain yang penuh semangat.

Begitu juga dengan para rekruter, meskipun kamu ditanya soal kelemahan, tetap tunjukkan kalau kamu masih punya semangat di tengah keterbatasan kamu. Tunjukkan juga kalau kamu punya integritas dan kemampuan untuk mengatasi kekurangan kamu tersebut.

5. Tetap jujur dan rendah hati
Banyak sekali pencari kerja atau calon karyawan yang memanipulasi setiap penampilannya, baik secara penampilan fisik atau tutur kata dan karakter. Tujuannya sih sama, supaya kelemahannya tertutupi dan tetap dilihat bagus oleh calon rekruter.

Padahal, nggak sedikit pula calon rekruter yang melihat kandidatnya apa adanya. Tahu nggak, percaya atau nggak, calon rekruter itu biasanya justru lebih suka kandidat yang jujur apa adanya. Jadi jika kamu bingung ketika bertemu dengan pertanyaan tentang kelemahan kamu, coba saja kamu jawab dengan sejujurnya dan tetap rendah hati.

Itu beberapa tips buat kamu yang masih bingung menjawab saat ditanya tentang kelemahan kamu. Semoga bermanfaat yah, dan mampu membuat kamu lebih cepat  menemukan pekerjaan yang pas untuk karirmu.

ditanya kelemahan saat interview

Profile picture for user Javadims

Dimas Setyawan

Experienced copywriter and content writer with more than 8 years in writing | Digital Strategist of Kalibrr Indonesia | Milanisti | Guitar Player | Podcaster | Batman fan