Skip to main content
tips interview via telepon
Career Advice

Menjawab Panggilan Interview di Telepon, Gimana Baiknya Ya?

By Rahma Yulita Sari on January 30, 2020

Ketika selesai mengajukan lamaran ke suatu perusahaan, biasanya perusahaan tersebut akan menghubungi kandidat yang dianggapnya sesuai dengan kualifikasi perusahaan untuk dilibatkan dalam proses rekrutmen sampai hired. Nah, proses yang terjadi setelah kandidat mengajukan lamaran adalah interview.

Proses interview ini adalah salah satu proses yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap kandidat. Kalau dulu proses ini hanya dilakukan dengan tatap muka saja, di zaman sekarang, proses ini sudah bisa dilakukan hanya dengan via telepon. Nggak jarang banyak kandidat yang justru malah nggak siap ketika dihubungi untuk mengikuti proses interview di telepon seperti ini.

Nah, masih suka bingung nggak, gimana baiknya menjawab panggilan interview di telepon? Kalau iya, jangan khawatir, Kalibrr punya tipsnya nih yang pastinya bisa bantu kamu buat menjadi lebih pede dan nggak salah langkah ketika dipanggil interview di telepon. Yuk, disimak tipsnya!

 

Ketika menerima telepon dari HRD, cobalah untuk berbicara dengan sesopan-sopannya. Memang bakal bikin kaget di awal, karena nggak jarang HRD menghubungi tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kalau mereka hendak menghubungi untuk melakukan interview. Tapi jangan khawatir, selama kamu menjawab telepon tersebut dengan sopan, pasti interview tersebut akan berjalan dengan lancar.

Jangan sampai kamu menjawab telepon tersebut dengan nada tinggi yang terdengar sombong, seperti orang yang nggak membutuhkan pekerjaan gitu, ya. Pokoknya harus diingat untuk menunjukkan sopan santun dari awal menerima telepon hingga akhir!

 

2. Jangan memotong pembicaraan, dengarkan dulu!

Biasanya banyak, nih, yang nggak sabaran dan banyak nanya sebelum HRD selesai menjelaskan maksud dan tujuan mereka melakukan panggilan. Daripada cerewet di awal, lebih baik coba dengarkan dulu sampai HRD benar-benar selesai menjelaskan maksud dan tujuannya. Setelah itu, dia pasti bakal kasih kesempatan buat kamu mengajukan beberapa pertanyaan, kok.

Bukan cuma itu, tapi kamu juga perlu memperhatikan setiap informasi yang diberikan dari HRD tersebut, supaya kamu nggak terlalu sering minta pengulangan dari informasi yang sudah disampaikan. Apalagi kalau memang tujuannya buat interview by phone, kamu harus benar-benar memperhatikan dengan seksama.

 

3. Santai saja, jangan tegang apalagi galak!

Tips yang ketiga ini berhubungan banget sama tips yang pertama. Menjawab telepon dengan sopan juga pasti bakal membuat kamu santai ketika diajak berdialog. Tetapi, kalau dari awal kamu sudah nggak santai alias galak, maka prosesnya bakal berjalan kurang menyenangkan antara kamu dan si HRD.

Kamu pastinya nggak mau, dong, dicap jadi orang yang galak dan nggak sopan? Maka dari itu, coba untuk tetap santai dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan, ya. Oh satu lagi, usahakan buat nggak gugup supaya kamu bisa dengan baik menyelesaikan interview di telepon ini.

interview via telepon

 

Nggak jarang banyak orang yang memang pada dasarnya lagi nggak bisa menerima telepon, tetapi malah mendapatkan interview di telepon. Kalau kamu tanpa sengaja berada di posisi seperti ini, pastikan untuk memberi tahu ketidaksanggupan kamu untuk mengikuti proses interview melalui telepon.

Hindari buat langsung mematikan telepon saat itu juga. Dengan begitu, kamu bakal dinilai sebagai orang yang nggak punya sopan santun. Nggak sulit, kok, buat jujur kalau memang kamu benar-benar nggak bisa. Setidaknya, beri tahu HRD dengan sopan, ya!

 

Nah, tips yang terakhir adalah, jangan lupa untuk meminta kontak HRD yang bisa kamu hubungi kembali, supaya kamu bisa menghubungi HRD itu lagi ketika waktu kamu sudah available. Jangan takut untuk meminta kontaknya, karena dengan begitu, kamu mungkin saja masih punya kesempatan untuk bisa melakukan interview di telepon dengan perusahaan yang sempat menghubungi kamu sebelumnya itu.

Jangan sampai lupa melakukan hal ini, ya, atau nanti kamu sendiri yang bakal rugi dan kehilangan kesempatan buat kerja!

 

tips interview via telepon

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat buat kamu, yah! Jangan lupa juga terus cek website Kalibrr untuk menemukan karir yang sesuai dengan passion kamu. Siapa tahu, tips ini bisa langsung kamu terapkan kalau dihubungi untuk interview di telepon, kan?