Skip to main content
tips kerja freshgrad
Career Advice

Hai Lulusan Baru, Kerja Diluar Jurusan Kuliah Itu Enggak Dosa, Kok!

By Dimas Setyawan on January 25, 2019

Setiap tahun, yang namanya lulusan baru itu memang selalu tidak pernah kosong. Bahkan menurut data dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, setidaknya ada 600.000 lulusan baru yang masih menganggur dalam setahun terakhir. Itu sudah cukup menggambarkan bahwa kampus tidak pernah berhenti menghasilkan tenaga kerja baru. Tapi, kenapa bisa begitu ya? Padahal, jika dilihat lagi, pertumbuhan bisnis dan industry di Indonesia berkembang cukup baik. Itu artinya, lahan pekerjaan yang bisa dicoba juga jauh lebih banyak dari beberapa tahun yang lalu. Belum lagi industry digital dan startup juga sedang naik daun dan membutuhkan banyak tenaga kerja.


Jadi, apa masalahnya dong? Ada banyak faktor juga sih yang menentukan. Misalnya saja soal lahan pekerjaan yang tidak sampai ke daerah-daerah pelosok, sehingga tidak banyak pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh usia kerja muda di daerah tersebut. Kalau hal ini sih, bukan urusannya para fresh graduate atau lulusan baru, melainkan tanggung jawab pemerintah. 
Kalau begitu, permasalahan berikutnya bisa jadi karena banyaknya lulusan muda atau freshgrad yang masih memilih-milih pekerjaan. Salah satu hal yang paling sering terjadi biasanya faktor gaji dan pilihan pekerjaan yang kurang sesuai sama bidang Pendidikan mereka. Hmm, padahal kalau untuk ukuran gaji, sebenarnya akan berkembang sejalan dengan prestasi dan pengalaman kerja kamu, kok. Jadi seharusnya urusan gaji tidak perlu kamu risaukan dahulu.


Nah, masalah yang timbul kemudian adalah soal pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan. Banyak juga lulusan baru yang cenderung idealis, dan merasa bahwa dia harus bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang mereka pelajari. Ya, enggak salah juga sih, tapi di satu sisi, kamu juga harus bersabar dan mengenali risikonya jika belum dapat pekerjaan.  

tips kerja freshgrad

Dear Freshgrad, Kerja Beda Jurusan Itu Enggak Dosa Kok!


Jika kamu resah karena belum juga keterima kerja, itu manusiawi kok. Semua lulusan baru, pasti pernah banget mengalami hal ini. Akan jadi salah jika kamu kemudian memperkecil peluangmu dengan bersikap keras kepala dan idealis, tapi terus saja mengeluh pada keadaan, sambil menyalahkan tidak adanya pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu.


Hey, tunggu dulu, bukankah membuka pikiran lebih luas akan menghasilkan peluang yang lebih besar juga? Kalau begitu, kenapa masih berkutat soal keterkaitan pekerjaan dan jurusan yang justru membuat peluangmu menjadi kecil? Bagaimana jika kamu mencoba sudut pandang baru dan melihat sisi lain dari ilmu yang kamu dapat? So, memulai pekerjaan diluar jurusanmu itu enggak dosa, kok!


Memang bekerja sesuai jurusan itu pilihan yang ideal, dan membuat ilmu yang kamu pelajari menjadi berguna. Tapi, bukan berarti kita harus terkunci pada hal itu. Justru kita harus berpikiran terbuka untuk melihat fungsi lain dari ilmu yang kita dapat. Siapa tahu, justru kamu akan meraih sukses dari jalur lain yang mungkin enggak kamu duga.

tips kerja freshgrad


Banyak Jenis Pekerjaan Baru Setiap Tahun

Tahukah kamu, dunia kerja itu dinamis. Jauh lebih dinamis dari yang kamu kira. Bahkan, setiap tahun, seiring berkembangnya teknologi dan industri, ada saja jenis pekerjaan baru yang muncul, yang mungkin enggak kamu duga bisa menghasilkan gaji yang cukup besar. Sebut saja seperti social media marketing, yang pada 10 tahun lalu belum ada -atau bahkan enggak banyak orang mengira ini bisa jadi pekerjaan-. Ada juga jurusan UX Copywriter yang baru muncul di 4-5 tahun terakhir, dan merupakan perkembangan dari bidang ilmu copywriter. Apakah ini diajarkan di kuliah konvensional? Rasanya enggak juga, tapi profesi-profesi ini lahir dari ilmu yang sudah ada sebelumnya. Sebut saja seperti komunikasi, marketing, dan bahkan statistik (untuk membaca data perilaku pengguna).

Bukti lainnya? Mungkin kamu pernah mendengar praktisi televisi sukses yang justru memiliki ijazah lulusan Ilmu Sejarah. Ada juga lulusan Kriminologi yang justru bekerja menjadi digital analyst, yang tugasnya memperhitungkan potensi pasar dan perilaku konsumen dari social media. Salahkah kedua karir tersebut? Tentu tidak, dan justru itu menjadi bukti betapa besarnya peluang karir jika kita berpikiran lebih terbuka.


So, untuk para lulusan baru, bekerja di luar jurusanmu itu enggak dosa, kok! Dan jangan pernah ragu untuk mencoba pekerjaan lain yang baru, karena bisa jadi itu merupakan jalur termudah untukmu meraih sukses.

Mau cari lowongan terbaik untuk #kejarsuksesmu ? Klik aja di Kalibrr.id