Skip to main content
Tips Karir di Musim Hujan
Career Advice

Musim Hujan Tiba, Begini Cara Menjaga Badan Tetap Fit Selama Bekerja

By Dimas Setyawan on January 31, 2019

Masa tiga bulan di akhir tahun hingga tiga bulan di awal tahun biasanya merupakan masa-masa tertinggi musim penghujan. Makanya tidaklah mengherankan jika dalam periode ini hujan deras seringkali turun. Bukan saja jarang dapat sinar matahari, terkadang bagi kamu yang berada di kota besar seperti Jakarta dan Bandung, pasti tahu betul bagaimana macetnya jalanan saat hujan. Dan pada masa ini pula, artikel tentang tips menjaga kondisi di musim hujan sangat laris dibaca.


Jika kita bicara soal musim hujan dan curah hujan yang tinggi, tentu kita akan bicara juga soal daya tahan tubuh dan kesehatan. Biasanya, jika musim hujan tiba, cuaca di sekitar sudah pasti akan lebih dingin. Cuaca dingin ini, tentu saja akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap virus dari luar. Hal inilah yang membuat tubuh kita menjadi rawan terkena penyakit seperti flu dan demam.

Baca Juga: Hai Lulusan Baru, Kerja Diluar Jurusan Itu Enggak Dosa, Kok!

Padahal, meskipun sederhana, hal itu bisa membuat keseharian kita menjadi terganggu. Terus, bagaimana y acara menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit di musim hujan? Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kondisi di musim hujan yang bisa kamu coba.

1.    Rajin Konsumsi Vitamin C, yah!
Mengonsumsi vitamin adalah salah satu cara alami dan mudah untuk menjaga kondisi agar tetap fit. Dengan mengonsumsi vitamin, kebutuhan untuk memaksimalkan metabolisme akan jauh lebih tercukupi. Dan tentu saja hal ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat.

Tips Karir di Musim Hujan

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang direkomendasikan untuk menjaga daya tahan tubuh, khususnya selama musim hujan. Kamu bisa mendapatkan vitamin C ini dari banyak buah-buahan seperti jeruk dan jambu.
 
2.    Jaga Kualitas Tidur
Kualitas tidur juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk menjaga kesehatan selama musim hujan. Bagaimana enggak, tidur itu adalah proses dimana tubuh kita meregenerasi sel, sehingga metabolisme dan sistem imun tubuh kita dapat kembali maksimal saat memulai hari.

Dengan menjaga kualitas tidur, pola hidup kamu juga akan turut berubah dan mood kamu juga jadi lebih bagus. Sehingga, kamu terhindar dari stress. Jangan salah, stress itu juga bisa jadi sumber penyakit, loh!

 

Baca Juga: Scale Up Your Career January 2019 - Winning Mindset Untuk Mencapai Suksesmu!
 
3.    Perhatikan Pola Makan
Selain faktor dari luar seperti cuaca, kesehatan dan daya tahan tubuh juga berpengaruh dari apa yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya adalah soal pola makan. Pola makan itu tidak hanya soal asupan yang kita makan juga, loh!

Tips Karir di Musim Hujan

Memperhatikan pola makan itu artinya kita menjaga jam makan dengan lebih teratur. Jangan biarkan perut melilit karena menahan lapar. Jangan juga makan yang berlebihan. Semuanya harus diatur dengan seimbang, dan bagus untuk tubuhmu.

4.    Usahakan Jangan Sampai Stress
Seperti yang sudah kita bilang, stress itu adalah sumber penyakit. Saat kita stress, tubuh kita bisa merespon dengan kurang baik. Hal itu kemudian menurunkan mood kita sehingga kita tidak selera makan dan minum. 

Tips Karir di Musim Hujan

Padahal, hal ini penting untuk daya tahan tubuh kita. Akhirnya, karena asupan makan kurang bagus, dan mood rusak karena stress, daya tahan tubuh menjadi berkurang dan membuat kita jadi lebih mudah sakit. Nah, biar enggak stress, usahakan untuk jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Jangan lupa juga untuk bahagia.