Skip to main content
kerja setelah lulus
Career Advice

Baru Lulus Kuliah, Enaknya Kerja Apa, yah?

By Dimas Setyawan on February 27, 2019

Setelah 4 tahun (atau lebih) menempuh pendidikan tinggi, akhirnya masa-masa kelulusan dating juga. Kamu pun kemudian dinobatkan sebagai sarjana baru dengan nilai IPK yang lumayan untuk diperhitungkan banyak perusahaan. Katakanlah semua usaha kamu, keseriusan kamu dalam kuliah, kini memberikan buah nyata, yaitu kemudahan kamu dalam mencari kerja di mana pun kamu mau.


Namun, masalahnya kemudian, tempat bekerja seperti apa sih yang cocok untuk lulusan baru seperti kamu? Idealnya, pekerjaan sesuai bidang ilmu yang kita pelajari di kampus adalah pilihan yang pas. Namun, jika berpikir bahwa dunia kerja hanya sebatas teori yang kamu pelajari dalam kuliah, kamu salah besar. Ada banyak soft skill yang perlu kamu pelajari dan kuasai untuk dapat terus diandalkan dalam dunia kerja. Dan, bisa jadi pelajaran soft skill tersebut datang dari pekerjaan yang berbeda dengan kuliahmu.

Terlepas dari apapun gelar sarjana kamu, atau jurusan apa yang kamu pelajari, jika kamu bingung mau mulai berkarir dari mana, berikut ini ada beberapa pekerjaan yang bisa banget kamu coba.

1.    Jadi Account Executive, biar banyak koneksi
Apa sih yang kamu bayangkan jika mendengar profesi Account Executive? Banyak yang berpikiran bahwa jadi Account Executive itu kerjanya sama aja kayak sales, isinya jualan mulu! 

kerja setelah lulus

Mungkin bisa jadi benar sih, dan pekerjaan ini pun punya target bulanan hingga tahunan yang mesti kamu capai. Tapi jika kamu berpikir bahwa profesi ini sama kayak agen sales door to door, salah banget. Account Executive bisa dibilang adalah ujung tombak bagi perusahaan, untuk mencapai kesepakatan dengan klien. Itu artinya, kamu bakal sering ketemu orang baru, dan itu bisa banget kamu manfaatkan untuk memperluas koneksi kamu.

2.    Staff Marketing biar bisa belajar menghadapi orang
Posisi berikutnya yang mungkin bisa kamu coba di awal masa kerja adalah Staff Marketing. Mirip-mirip kayak Account Executive sih, tapi agak berbeda juga. Staff Marketing lebih mengurus soal bagaimana produk dan jasa dari perusahaan kamu, dapat diterima dengan baik dan dikenal baik oleh masyarakat.

Staff Marketing itu bukan berarti yang tukang nyebarin brosur loh yah, tapi lebih mendalam lagi. Melalui marketing, kamu bukan saja bisa belajar soal psikologis setiap orang, tapi juga belajar bagaimana menghadapi orang. Ya, karena berbeda orang, berbeda karakter, dan pastinya berbeda pula cara pendekatannya. Ilmu yang menarik buat masa depanmu nanti.

3.    Magang aja dulu deh, biar CV kamu ada yang diisi
Apapun jurusannya, masa-masa awal bekerja adalah hal yang paling sulit. Selain bingung menentukan mau bekerja seperti apa, biasanya mahasiswa lulusan baru itu belum punya pengalaman yang cukup dalam dunia kerja.

kerja setelah lulus

Kalau begitu, pilihan yang tepat selanjutnya adalah magang! Ya, dengan magang, kamu jadi bisa tahu seluk-beluk dunia kerja yang akan kamu jalani nanti. Soal nilai gaji mungkin tidak begitu besar, tapi kamu bisa punya banyak waktu untuk beradaptasi sebelum terjun ke dunia kerja sesungguhnya.

4.    Management Trainee atau ODP Program buat jangka panjang, kenapa enggak?
Pilihan terakhir buat kamu yang masih bingung mau bekerja apa di masa-masa awal karir, adalah Management Trainee. Program pelatihan jangka panjang yang kadang biasa juga disebut ODP (Officer Development Program) ini, bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin dapat pelajaran sekaligus pengalaman kerja, tapi malas pindah-pindah kantor.

kerja setelah lulus

Yes! Melalui program ini, kamu akan dibimbing untuk menjadi seorang pemimpin di masa depan. Ada banyak banget hal yang bisa kamu dapatkan di sini, mulai dari adaptasi dengan tempat baru, hingga cara menjadi yang terdepan dalam memecahkan sebuah masalah. Meskipun programnya agak panjang, tapi begitu selesai kamu berpotensi banget untuk ditempatkan di level supervisor atau managerial. Lumayan, kan? Kalau kalian berminat, bisa cek juga nih lowongan ODP di Kalibrr, di sini.

Nah, itu tadi beberapa pekerjaan yang mungkin pas buat kamu yang baru saja lulus kuliah. Semoga infonya bermanfaat, dan tetap semangat untuk kejar suksesmu!