Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Jobseeker > Kehilangan Motivasi Bekerja? Coba Lakukan Hal Ini, deh!
For Jobseeker

Kehilangan Motivasi Bekerja? Coba Lakukan Hal Ini, deh!

Karina

Mei 10 • 6 menit membaca

Masuk dan terjun ke dalam dunia kerja itu memang susah-susah gampang. Setidaknya hal itu yang sering dirasakan oleh banyak pekerja muda. Apalagi buat kamu yang baru saja lulus kuliah dan baru pertama kali kerja. Biasanya ada beberapa hal dan suasana yang membuat kamu kaget. Tidak heran juga deh, jika hal ini cukup membuat kamu bosan dan kehilangan motivasi bekerja.

Nggak hanya lulusan baru saja, pekerja yang sudah lama berkarir juga sering banget kehilangan motivasi bekerja. Faktornya ada banyak sih, salah satunya ya kegiatan pekerjaan yang begitu-begitu saja. Terus, apa yah yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi ini? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengembalikan motivasi kamu.

1. Browsing hal-hal lucu

Mood yang positif, tentu saja bisa terbentuk dari hal-hal yang positif. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan di sekeliling kamu. Salah satunya adalah dengan melihat konten-konten lucu.

tips motivasi kerja

Meme, hingga video viral yang aneh-aneh dan membuatmu tertawa, bisa menjadi solusi tepat untuk mengembalikan mood kamu. Tertawa akan membuat aura positif dalam dirimu semakin besar. Hal ini tentu saja kemudia membuat motivasi kamu dalam bekerja turut meningkat.

Cari-cari hal yang memotivasi
Selain hal yang lucu-lucu, konten-konten yang memotivasi juga turut membuat mood dan semangat kamu kembali muncul. Yah, setuju atau tidak, sadar tidak sadar, kita semua terkadang perlu juga konten klise ala Mario Teguh.

Dengan melihat konten-konten motivasi, seperti kata mutiara misalnya, kamu akan dapat menemukan sudut pandang baru soal kehidupanmu. Dan dari sana, kamu jadi bisa ikutan termotivasi juga dalam pekerjaanmu.

2. Mengubah Pola Kerja

Pola dan sistem bekerja yang sama setiap hari memang bisa menghadirkan rasa bosan. Dan tidak jarang, rasa bosan ini juga turut membuat dirimu menjadi kehilangan motivasi. Hal ini tentunya bisa jadi pengaruh yang negatif dalam lika-liku karir kamu.

 

tips motivasi kerja

Solusi untuk hal ini, kamu bisa memberikan warna yang berbeda dalam pola kerja kamu. Ya, setidaknya apa yang kamu biasa lakukan menjadi terlihat fresh. Misalnya, jika biasanya kamu mengerjakan semua hal kecil sebelum jam 12, kamu bisa menukarnya menjadi setelah makan siang. Atau kamu juga bisa berpindah ruang kerja pada jam tertentu. Tentunya jika kerjaan kamu tidak sedang dalam kondisi deadline, yah!

3. Cari Kerjaan Tambahan, Kenapa enggak?

Seperti yang sudah dibilang pada poin sebelumnya, terkadang rasa bosan bisa menjadi penyumbang utama dalam membuat seseorang kehilangan motivasi bekerja. Rasa bosan juga bisa hinggap dalam rutinitas dan tantangan kerja yang kamu dapatkan.

Untuk hal ini, kamu bisa mencoba mengerjakan proyek sampingan bersama teman-teman kamu, atau mencari sidejob yang berbeda dengan ruang lingkup pekerjaan kamu saat ini. Atau, jika kamu punya hobi tertentu, kamu bisa banget memberikan waktu lebih banyak untuk mengembangkan hobi kamu tersebut. Well, siapa tahu justru malah bisa jadi pemasukan tambahan buat kamu. Lumayan, kan!?

4. Inget Cicilan dan Tanggungan yang mulai banyak

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa bosan atau hilang motivasi saat bekerja, ya tentu saja mengingat semua tanggungan, cicilan, dan semua tentang investasi masa depanmu.

info motivasi kerja

Dengan begitu, kamu jadi semakin mengingat setiap alasan mengapa kamu harus bekerja lebih giat. Mengingat setiap rencana untuk masa depan kamu juga bisa membuatmu semakin termotivasi untuk bekerja. Memang sedikit ekstrim, sih, namun faktanya hal ini biasanya justru bisa menjadi cambuk untuk kamu yang mulai kehilangan motivasi bekerja.

Itu sih beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa hilang motivasi bekerja. Bisa kamu coba, atau sekadar inspirasi, semua kembali lagi sama kamu yah.

 

Butuh lowongan kerja terbaru untuk menunjang karirmu?

Cek aja lowongan yang pas untuk kamu, hanya di Kalibrr.com.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!