Skip to main content
Himalkom IPB Visit to Kalibrr: Mengenal Lebih Dekat Platform Rekrutmen Kekinian
Indonesia - Company Insider

Himalkom IPB Visit to Kalibrr: Mengenal Lebih Dekat Platform Rekrutmen Kekinian

By Diah Wahyu Asih on June 19, 2019

Selasa, 28 Mei 2019, salah satu partner edukasi Kalibrr, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer dari Institut Pertanian Bogor (Himalkom IPB) mengadakan acara yaitu “Company Visit to Kalibrr” yang bertempatkan di WeWork Menara Astra, Jakarta Pusat.
 

Didorong oleh rasa ingin tahu yang besar oleh anak-anak Himalkom IPB akan bagaimana aplikasi ilmu komputer pada perusahaan dan persiapan yang harus dilakukan dalam berkarir setelah lulus, Kalibrr menyambut hangat mahasiswa Ilmu Komputer untuk saling berbagi pengalaman.
 

Himalkom IPB memilih Kalibrr sebagai destinasi pertama Company Visit mereka karena didorong oleh rasa ingin tahu mereka tentang Kalibrr. “Kalibrr itu menurut kami itu suatu perusahaan yang sangat baik, yah, apalagi mengenai recruitment platform, bahkan IPB pun sudah bekerja sama dengan Kalibrr. Maka dari, itu kami pengen tau bagaimana, sih, cara kerja dan budaya yang ada pada Kalibrr sendiri.” pungkas Alif selaku wakil ketua Himalkom IPB sekaligus panitia kegiatan.
 

Kegiatan kunjungan ini dikemas dalam dua sesi. Pada sesi pertama, acara dibuka dengan 2 pembicara sekaligus yaitu Joshia Tanuwidjaja dan Firman Rosdiansyah selaku Senior Software Engineer yang membahas tentang pengaplikasian teknologi pada Kalibrr dan efeknya terhadap perusahaan. Sesi kedua dibawakan oleh Fikriana Kusuma selaku Client Success Consultant yang membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk berkarir setelah lulus.
 

Fikriana saat menyampaikan materi
Fikriana Kusuma selaku Client Success Consultant sedang membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk berkarir setelah lulus.


Acara yang dimulai pukul 09.00 pagi ini dibuka dengan sambutan dan perkenalan dari Kalibrr yang dipaparkan oleh Andrew Patty Nugraha, selaku Marketing Consultant. Dia menjelaskan tentang nilai-nilai serta sejarah perusahaan Kalibrr dari awal berdirinya sampai berada di Indonesia saat ini.

 

Tantangan yang Dihadapi Tim IT Kalibrr

Sesi pertama dibawakan oleh Joshia dan Firman selaku Software Engineer di Kalibrr serta didampingi oleh Andrew sebagai moderator. Sesi ini menjelaskan tentang tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi sebagai seorang IT dalam pekerjaannya.

Dimulai dari pekerjaan IT pada umumnya, kemudian Joshia dan Firman mengupasnya secara lebih mendalam. “Sebenarrnya yang paling susah dalam pekerjaan IT itu lebih ke komunikasi, yah”, pungkas keduanya. Sebagai seorang IT, komunikasi juga berperan penting bagi kelangsungan pekerjaan karena harus bekerjasama dengan yang lain.

Terlepas dari tantangan tersebut, mereka bersyukur telah menjadi bagian dari Kalibrr karena dengan bergabung bersama Kalibrr, mereka dapat belajar lebih banyak lagi tidak hanya dari segi teknis seperti pelatihan software hingga ke Filipina. Namun mereka juga belajar tentang leadership dan juga interpersonal skills. Tidak ketinggalan, mereka juga menyebutkan bahwa jam kerja fleksibel yang diterapkan oleh Kalibrr membuat mereka dapat bekerja dengan maksimal.

Kepada para mahasiswa sekaligus peserta acara, Joshia dan Firman memberikan nasihat agar selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga terus belajar mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

 

Persiapan Menghadapi Dunia Karir

Pada sesi kedua, acara dibawakan oleh Fikriana Kusuma atau yang lebih akrab disapa Nana, selaku Client Success Consultant. Dirinya memaparkan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memasuki dunia karir setelah lulus nantinya. Mulai dari menentukan apa yang disukai, personal branding, pembuatan CV yang baik, dan juga tips dalam menghadapi wawancara.

Nana kemudian membagikan beberapa tips dan trik dalam wawancara kerja, salah satunya adalah riset. “Perusahaan akan lebih mengapresiasi kalau kandidat sudah tahu banyak tentang perusahaan yang dilamarnya, dan melalui riset kalian punya bahan untuk mengajukan pertanyaan ke perusahaan. Jadi tidak datang dengan tangan kosong” jelas Nana.

Hal yang menarik lainnya yang dibagikan oleh Nana adalah teknik STAR yang digunakan untuk menjelaskan suatu masalah. Teknik STAR yang merupakan akronim dari Situation, Task, Action dan Result. Teknik ini dapat digunakan kandidat dalam menceritakan suatu masalah yang pernah dihadapi beserta solusi yang diambil. Teknik ini digunakan oleh perekrut dalam menilai bagaimana cara kandidat menyelesaikan masalah. Oleh karenanya, jobseekers sebaiknya tahu dan menggunakan teknik ini dalam proses wawancara kerja.

 

Perwakilan IPB sedang memberikan kenang-kenangan untuk Kalibrr
Perwakilan IPB, Faldi (kiri) sedang memberikan kenang-kenangan kepada perwakilan Kalibrr, Andrew (Kanan).


 

Apa Kata Mereka?

Selepas acara, kami pun sempat berbincang-bincang dengan beberapa perwakilan Himalkom IPB dan mendapati tanggapan mereka yang sangat positif terhadap acara ini. Mereka juga menyebutkan bahwa antusias peserta cukup tinggi. “Bisa dilihat, yah, dari antusiasme para peserta yang mengikuti acara tadi, mereka semua sangat bersemangat mengikuti segala sesi dan materi yang dibawakan oleh kalibrr tadi. Semoga acara seperti ini dapat dilanjutkan dan diadakan terus.” pungkas Alif. 

“Sesi-sesi yang diberikan oleh Kalibrr sangat insightful sekali, yah, jadi kami tau apa saja yang perlu dipersiapkan untuk berkarir setelah kami lulus nanti. Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Kalibrr karena telah memberikan Himalkom IPB kesempatan untuk melakukan company visit ke Kalibrr.” pungkas Faldi selaku Humas Eksternal Himalkom IPB.

 


 

Networking selepas acara
Seorang mahasiswa Himalkom IPB (Kanan), sedang bertanya pada sesi networking kepada Joshia dan juga Firman (Kiri) mengenai pekerjaan IT.

 

Organisasi atau himpunan kamu ingin membuat acara serupa juga dengan kami? Jangan ragu untuk hubungi tim partnership Kalibrr di diah@kalibrr.com atau bertanya melalui instagram kalibrr @kalibrr.id. Sampai bertemu di acara Kalibrr selanjutnya!

 

Penulis: Kenji Widyarta

Editor: Sonya Azzarra P.K.