Skip to main content
Employer branding 101
Management

Employer Branding 101: Jaring Talenta yang Tepat dengan Memanfaatkan Strategi Employer Branding

By Tanisha Harahap on July 16, 2019

Tidak diragukan lagi, perusahaan yang berhasil mendapatkan kandidat berkualitas tinggi bukan hanya memiliki sebuah proses penyeleksian dan wawancara yang efektif, tetapi juga memiliki sebuah strategi yang mengawali proses rekrutmen: Employer Branding.

Perilaku dan kebiasaan seorang konsumen dan seorang pencari kerja masa kini memiliki satu kesamaan; keduanya akan melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap obyek yang menarik bagi mereka.

Sebagai seorang pelanggan, sudah tidak asing lagi bagi kita untuk mengandalkan ulasan dari website seperti Amazon tentang produk yang ingin kita beli. Begitu pula sebagai seorang pencari kerja, banyak orang sekarang beralih ke website seperti Glassdoor untuk mendapatkan informasi lebih dalam mengenai perusahaan yang ingin mereka daftar. Bisa dibilang, karena bantuan teknologi digital dan Internet, kandidat bisa dengan mudah membandingkan budaya dan keuntungan bekerja di satu perusahaan dibandingkan dengan yang lainnya hanya dalam beberapa klik. Dengan demikian, kandidat masa kini tergolong lebih picky dan well-informed, sehingga menciptakan sebuah tantangan bagi Anda dalam mendapatkan kandidat idaman namun belum terlalu banyak memberikan informasi seputar lingkungan, budaya, dan tunjangan kerja.

Jangan khawatir, hal ini dapat diatasi jika perusahaan Anda memiliki strategi employer branding yang kuat dan menjual. Ketertarikan kandidat untuk melamar di perusahaan Anda tergantung dengan seberapa menarik Anda menjual brand image perusahaan. Pastikan tawaran Anda menarik dan mendeskripsikan perusahaan Anda dengan jelas. Oleh karena itu, strategi employer branding di perusahaan Anda harus dievaluasi kembali dan dibuat mengikuti perubahan kebutuhan dan permintaan antargenerasi.

Lalu, apakah itu Employer Branding?

Employer Branding 101: Pengenalan

Employer Branding merupakan kemampuan sebuah perusahaan untuk memiliki identitas yang unik sebagai pemberi kerja dan cara mereka mempromosikan identitas tersebut kepada kandidat dengan kriteria yang dicari. Selayaknya product brand, seluruh perusahaan pastinya memiliki karakteristik employer brand tersendiri. Tetapi, cara kandidat untuk menentukan persepsi mereka terhadap perusahaan Anda tergantung dengan cara Anda menjual identitas perusahaan Anda. Dari identitas tersebut, kandidat yang memiliki minat yang selaras dengan visi misi perusahaan Anda akan terpikat untuk melamar.

Mengapa Employer Branding itu Penting?

Dengan perkembangan digital yang tiada hentinya, tidak heran lagi jika para kandidat sekarang cenderung lebih digital-savvy. Perkembangan di dunia digital memudahkan para kandidat untuk mencari tahu latar belakang perusahaan melalui situs web atau platform lainnya untuk dapat menyaring informasi yang lebih lengkap. Kandidat sekarang berperan layaknya seperti peneliti. Biasanya, proses cek n ricek ini dilakukan sebelum mereka melamar untuk sebuah posisi di perusahaan Anda. Nah, jadikanlah kesempatan ini untuk memperlihatkan identitas perusahaan Anda! Gunakan strategi employer branding yang dapat membuat Anda lebih menonjol dari pesaing-pesaing Anda lainnya. Anggaplah Anda sedang menjual employer brand Anda pada kandidat, sama halnya seperti saat kandidat mengirimkan CV untuk mendapatkan first impression dari Anda. Keduanya memiliki peran penting untuk memberikan first impression yang positif, kalau ibarat kata, keduanya memiliki peran sebagai golden ticket yang dapat menciptakan win-win bagi perusahaan dan juga kandidat. 

Hal yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menciptakan Employer Branding yang Menonjol

Pada kenyataannya, seorang kandidat mungkin telah memiliki sebuah persepsi tentang employer brand perusahaan Anda yang mereka dapatkan dari teman atau anggota keluarga. Walau beberapa informasi didasari pada kenyataan, tak dapat dipungkiri bahwa sebagian lainnya merupakan asumsi atau pendapat pribadi.

Asumsi yang tidak berdasarkan fakta tentunya akan dapat melukai citra Anda sebagai perusahaan dan kesempatan Anda untuk merekrut talenta berkualitas, terlebih di tengah sengitnya talent war. Pastikan strategi Anda dapat mematahkan rantai asumsi ini dan membuat pesan-pesan Anda didengar oleh khalayak umum melalui sumber-sumber yang tepat sasaran. Jenis pesan dan konten yang Anda sampaikan haruslah sesuatu yang benar-benar nyata (genuine) dan selalu konsisten. Pesan yang disampaikan secara tidak konsisten antara satu sumber dengan yang lainnya dapat menimbulkan kebingungan dan membuat orang menanyakan kredibilitas pesan tersebut.

Konten yang memuat unsur genuine, konsisten, dan tepat sasaran dapat meyakinkan kandidat bahwa perusahaan Anda memiliki pandangan dan kesan yang positif. Dengan demikian, Anda selangkah lebih sukses dalam mengubah persepsi khalayak umum terhadap perusahaan. Dari pesan-pesan tersebut, Anda dapat mengubah opini kandidat dan membuat mereka lebih tertarik lagi untuk melamar ke perusahaan Anda. 

Pastikan untuk melakukan riset sebelum Anda menentukan employer brand seperti apa yang ingin Anda sampaikan kepada kandidat yang sesuai. Anda dapat mengumpulkan riset kuantitatif dari sisi internal (karyawan perusahaan) dan eksternal (publik) untuk mendapatkan informasi dan data yang komprehensif, sehingga penelitian Anda menjadi lebih obyektif. Hasil dari data tersebutlah yang akan menentukan identitas perusahaan Anda, atau yang kerap disebut Employer Value Proposition (EVP). Jadikan EVP tersebut sebagai identitas yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lainnya. Ingat, dalam pembuatan EVP, Anda harus tetap mengedepankan prinsip genuine, truthful, dan consistency.

Dengan menggunakan strategi yang sering diimplementasikan oleh perusahaan unicorns, Kalibrr berkomitmen untuk membantu Anda menemukan identitas perusahaan yang sesuai, sehingga Anda juga dapat merekrut kandidat yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. 

Bergabunglah bersama Kalibrr sekarang dan dapatkan konsultasi GRATIS mengenai employer branding sebagai promo khusus bulan Juli ini.

Tunggu apa lagi? Hubungi indonesia@kalibrr.com untuk mendapatkan informasi lebih mengenai promo ini.