Skip to main content
Xpertech Vol. 02: Inovasi Rekrutmen dengan konsep Speed-Dating
All About Kalibrr

Xpertech Vol. 02: Inovasi Rekrutmen dengan konsep Speed-Dating

By Diah Wahyu Asih on July 16, 2019

Kamis, 11 Juli 2019 - Kalibrr Indonesia sekali lagi sukses mengadakan Xpertech Vol. 02, sebuah acara speed-dating recruitment yang kali ini diselenggarakan bekerjasama dengan XWORK dan CoHive.  Bertempat di Cohive 101 Mega Kuningan, Xpertech kali ini menghubungkan 9 perusahaan dengan 30 kandidat terpilih, yang sebelumnya sudah diseleksi melalui CV dan skill test untuk mengikuti rekrutmen ekslusif ini.
 

Xpertech Vol. 02 ini merupakan acara kedua yang diselenggarakan oleh Kalibrr, dimana sebelumnya diadakan pada 4 April 2019 lalu (artikel: XperTech: Speed-dating Recruitment by Kalibrr).  Xpertech kali ini diadakan kembali setelah melihat antusiasme dan tanggapan positif baik dari perusahaan maupun kandidat yang mengikuti acara ini sebelumnya. 
 

xpertech vol.02
Pembukaan acara XperTech Vol.02.


Acara yang dimulai tepat pukul 18:00 WIB ini dibuka dengan sambutan oleh Andrew Nugraha Patty, selaku Marketing Consultant Kalibrr Indonesia. Dalam pembukaannya, Andrew menyampaikan “Acara ini juga sebagai salah satu wujud komitmen kami untuk mewujudkan ekosistem ketenagakerjaan Indonesia yang lebih baik dengan menghubungkan perekrut dengan kandidat IT berbakat  melalui  tema dan acara yang menyenangkan, santai, namun efektif dan efisien.” 

Beberapa perusahaan yang hadir pada Xpertech kali ini diantaranya KoinWorks, Kitabisa.com, Hyperjump, DigiCinta, AwanTunai, Hoopiper, Terampil, Fylnd, dan Netmonk. Usai pembukaan, perwakilan dari masing-masing perusahaan bersiap-siap untuk melakukan wawancara dengan kandidat-kandidat terpilih pada setiap rondenya. Dalam setiap ronde para kandidat dan perusahaan diberikan waktu 5 menit untuk melakukan wawancara, setelah itu kandidat akan berpindah tempat ke perusahaan yang lainnya.

 

xpertech vol02
Sesi 1-o-1 interview antara peserta dan perusahaan.



Apa Kata Mereka?

Naftaty Ruth Samucty, salah satu kandidat terpilih yang menghadiri acara Xpertech Vol. 02 ini mengatakan bahwa ia sangat puas dengan jalannya acara ini. “Kesannya sangat baik yah acara Xpertech ini karena emang udah mengumpulkan perusahaan-perusahaan yang lagi buka lowongan dan juga prosesnya cepat. Dengan proses cepat gitu kan bisa ketahuan mana kandidat yang oke dan tidak” ujarnya. Nafta berharap bahwa acara-acara seperti ini diperbanyak dan dipersering karena sangat membantu orang-orang seperti dirinya untuk mencari perusahaan yang tepat.

 

xpertech vol02
Salah satu peserta (kiri) saat sedang melakukan speed-dating interview dengan Flynd (kanan).


Salah satu perusahaan yang berpartisipasi dalam Xpertech Vol. 02 yaitu AwanTunai, sebuah perusahaan financial technology, mengatakan bahwa kandidat yang datang sudah sesuai ekspektasi jika dilihat dari segi kualitas perilaku pelamar kerja. Menurut Alya Catursari, selaku salah satu HR dari AwanTunai, konsep seperti ini sangat tepat untuk memperlihatkan warna sebenarnya dari para kandidat. “Dengan waktu hanya 5 menit, yah, waktunya sangat sempit. Para kandidat tidak bisa itu bohong-bohong pasti langsung ketahuan, dan kita bisa melihat apakah dia cocok atau tidak dengan perusahaan kita.” tutup Alya.


Dengan berbagai acara dan kegiatan yang diselenggarakan, Kalibrr berharap untuk selalu menciptakan inovasi dan mendorong efektivitas dalam manajemen talenta khususnya proses perekrutan. Terima kasih kepada perusahaan maupun kandidat yang telah berpartisipasi! Sampai jumpa lagi di acara Kalibrr selanjutnya.

 

Penulis: Kenji Widyarta

Editor: Sonya Azzarra dan Diah Wahyu Asih