Skip to main content
Kalibrr x Codepolitan : Menambah Ilmu Programming di Era Digital
All About Kalibrr

Kalibrr x Codepolitan : Menambah Ilmu Programming di Era Digital

By Diah Wahyu Asih on August 27, 2019

Jakarta, Indonesia - Masyarakat kini menggunakan smartphone sebagai suatu alat bantu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari komunikasi, hiburan, hingga untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan berbagai aplikasi yang dapat membantu keseharian penggunanya. Tentunya suatu smartphone perlu memiliki operating system (OS) seperti Android atau iOS yang memiliki fungsi untuk menjalankan sistem dan aplikasi pada smartphone. Salah satu OS yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah Android. Dengan eksistensinya, Android tentu membutuhkan programmer-programmer handal yang bisa bekerja untuk terus memberikan pengalaman digital yang maksimal kepada penggunanya. Hal itu memberikan lowongan pekerjaan sebagaI Android Developer sangat dicari oleh pengembang aplikasi di era digital ini. Berangkat dari itu, Kalibrr bekerjasama dengan Codepolitan untuk membantu para Android Developer dalam mengembangkan ilmu pengembangan sistem android.

Codepolitan merupakan suatu platform yang diperuntukan bagi programmer atau developer yang ingin belajar lebih dalam tentang coding dan programming melalui online course ataupun belajar dalam kelas secara offline dengan mengikuti developer school.

Muhammad Singgih, Co-Founder & CMO Codepolitan memulai workshop dengan pemaparan tentang profil Codepolitan
Muhammad Singgih, Co-Founder & CMO Codepolitan memulai workshop dengan pemaparan tentang profil Codepolitan

Tepat pada hari Sabtu, 3 Agustus 2018, workshop yang berfokus pada tema “Asynchronous with RX Java Extension in Android” diselenggarakan di WeWork Gama Tower, Kuningan. Workshop ini diselenggarakan sebagai upaya Kalibrr dan Codepolitan untuk memberikan edukasi secara mendalam tentang Android Programming. Acara dibuka dengan sambutan dari tim kalibrr yang memaparkan profil perusahaan serta penjelasan sejarah Kalibrr. 

Pelatihan workshop dibawakan oleh Bagus Aji Santoso yang merupakan trainer Codepolitan
Pelatihan workshop dibawakan oleh Bagus Aji Santoso yang merupakan trainer Codepolitan

Selanjutnya, giliran Muhammad Singgih selaku Co-Founder & CMO Codepolitan yang memaparkan profil Codepolitan. Singgih menjelaskan bahwa Codepolitan merupakan platform edukasi programming di Indonesia yang menawarkan beberapa metode pembelajaran coding seperti online course, developer school, dan interactive coding

Workshop kali ini terbagi menjadi dua sesi dimana keduanya dibawakan oleh Bagus Aji Santoso selaku content creator dan trainer Codepolitan yang mengangkat pembahasan tentang RX Java Extension untuk Android Development. Dengan laptopnya masing-masing, peserta terlihat fokus memperhatikan pelatihan dan langsung mempraktekan apa yang sedang dipelajari.

“Codepolitan memiliki dedikasi untuk memberikan edukasi dan pengembangan diri terhadap talenta-talenta digital di Indonesia. Sehingga, kami berharap bahwa workshop yang diselenggarakan hari ini bisa menjadi salah satu langkah untuk menjalankan visi dan misi kami tersebut” ujar Muhammad Singgih, Co-Founder dan CMO Codepolitan.

Acara ini terbilang sukses dilihat dari respon positif dari peserta yang antusias dan aktif bertanya saat sesi berlangsung.“Pemateri yang enak, jelas dan tidak terlalu berbelit-belit penyampaianya. Tempatnya juga nyaman dan kondusif, selain itu MC-nya asik” ungkap salah satu peserta workshop saat ditanya mengenai kesan acara ini.

Kalibrr berharap bahwa dengan menyelenggarakan acara workshop dan training seperti ini secara rutin dapat terus meningkatkan kualitas talenta digital Indonesia yang bisa bersaing secara global.